Home » » Mengatasi Masalah Android System WebView pada Aplikasi Merdeka Mengajar

Mengatasi Masalah Android System WebView pada Aplikasi Merdeka Mengajar

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi masalah android system webview yang terjadi pada aplikasi platform mereka mengajar Kemdikbud ristek. Masalah ini awalnya terdeteksi muncul pada bulan Februari tahun 2024 di mana saat kita menggunakan aplikasi Merdeka mengajar maka muncul tampilan kita harus mengaktifkan Android system webview terlebih dahulu.
Mengatasi masalah android system webview paltform merdeka mengajar

Namun masalahnya saat system webview coba diaktifkan tidak bisa muncul lewat Play Store dan tidak ada pada aplikasi yang telah terinstal. Nah untuk mengatasi masalah ini jika membaca ingin menonton versi videonya silakan simak tutorial berikut ini tentang cara mengatasi masalah ini :

Oke jadi kita akan bahas tentang cara menyelesaikan masalah ini pertama kita harus terlebih dahulu membuka aplikasi platform mereka mengajar dan kita coba aktifkan terlebih dahulu android system webview yang terdapat pada Play Store. Jika pada Playstore menu ini bisa diaktifkan maka masalah selesai. Namun ternyata sebagian besar HP tidak bisa mengaktifkan menu Android system webview ini maka kita harus buka terlebih dahulu aplikasi yang terdapat pada HP.

Silakan buka menu aplikasi yang terdapat pada HP pada menu pengaturan dan lihat semua aplikasi yang terinstal dan coba cari Google Chrome dan nonaktifkan terlebih dahulu. Atau untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka menu pengaturan
  2. Pilih aplikasi yang terinstal
  3. Coba cari Android system webview jika tidak ada Silakan cari Google Chrome saja
  4. Silakan buka Google chrome tersebut dan pilih nonaktifkan
  5. Setelah Google Chrome dinonaktifkan silakan coba buka kembali aplikasi platform Merdeka mengajar
Nah setelah Google Chrome menonaktifkan seharusnya masalah Android system webview sudah terselesaikan semuanya dan bisa dibuka secara normal kembali. Setelah masalah terselesaikan maka kita bisa aktifkan kembali Google chrome-nya dan tidak akan berpengaruh terhadap aplikasi platform mereka mengajar.

Oke membaca semuanya demikianlah aplikasi cara mengatasi masalah android system webview yang terjadi pada aplikasi platform mereka mengajar semoga cara ini bisa membantu membaca semuanya dan jika berkenan silahkan tinggalkan komentar dan silakan Buka video yang di atas tersebut dan subscribe channelnya Terima kasih semoga bermanfaat.
 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2024. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam