Home » » Cara Agar Video Youtube Berada di Urutan Atas Pada Pencarian

Cara Agar Video Youtube Berada di Urutan Atas Pada Pencarian

Written By Altri Ramadoni on 28 May 2019 | 21:28



Menempati urutan teratas apalagi masuk ke dalam tranding topic untuk sebuah video merupakan impian semua youtuber. Kenapa demikian? Karena dengan beradanya video kita di urutan atas maka kemungkinan video untuk mendapatkan view semakin lebih besar. Sudah sama sama kita ketahui bahwa video yang memiliki banyak view akan menghasilkan potensi penghasilan yang lebih besar pula jika sudah dimonetisasi.

Seo algoritma youtube

Baca Juga : Cara Mempromosikan Channel Youtube Agar Memiliki Banyak View dan Subscriber

Namun untuk dapat mencapai posisi atas tersebut bukanlah hal yang mudah. Begitu banyak persaingan antar video untuk menempati posisi teratas. Perlu diketahui untuk menentukan sebuah video berada di posisi teratas ada algoritma tersendiri dari youtube. Namun secara umum video yang berkualitas lah yang akan menempati urutan teratas. Nah, hadi bagaimana tips nya? Kita akan bahas satu persatu

1. Membuat Konten Durasi Panjang

Secara umum konten dengan durasi panjang akan mendapatkan perhatian lebih dari youtube. Coba saja Anda perhatikan pada hasil pencarian, hampir semua video yang berada diurutan teratas memiliki duradi diatas 10 menit bahkan sampai di atas satu jam. Nah hal ini menandakan bahwa durasi juga diperhitungkan oleh algoritma youtube. 

Tidak hanya itu, hal ini juga didukung oleh riset yang dilakukan oleh ahli SEO youtube yaitu Brian Dean yang merupakan pendiri backlinko.com yang mana pada videonya dikatakan bahwa

Durasi video youtube yang lebih panjang akan mendapatkan nilai lebih dalam algoritma youtube

Jadi untuk mencapat urutan teratas pada pencari youtube maka usahakanlah bikin kontem dengan durasi yang panjang

2. Membuat Deksripsi Video yang Jelas dan Sesuai

Salah satu fitur penting pada sebuah video youtube adalah deskripsi. Bagi youtuber pemula jarang yang memaksimalkan fitur ini. 

Berdasarkan riset, deskripsi yang baik adalah deskripsi yang memuat kata kunci pada paragraf pertama. Misalkan Anda memiliki video tentang "Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube". Nah, maka kata kunci yang harus Anda bidik dan diletakkan pada paragraf pertama adalah "Menghasilkan Uang dari Youtube. Anda juga bisa menambahkan kata kunci lainnya seperti monetisasi, SEO dan lain lain yang berhubungan dengan video.

Penting !!
Jangan berlebihan membuat deskrisi video apalagi membuat deskripsi yang tidak berhubungan dengan isi konten karena hal ini melanggar kebijakan youtube dan dianggap sebagai SPAM.

3. Memberi Tagg Seefektif Mungkin dan Mempelajari Tagg video Orang Lain

Pemberian tagg pada video sebenarnya hampir mirip dengan deskripsi, bedanya tagg menggunakan kata kata singkat yang merupakan kata kunci yang ingin kita bidik. Misalkan seperti judul video di atas tadi, maka tagg yang dapat kita gunakan adalah "monetisasi, adsense youtube, seo youtube" dan kata kunci yang lainnya yang berhubungan.

Baca Juga : Cara Mudah Promosi Video Youtube Secara Gratis

Fitur tagg ini juga tidak boleh digunakan secara sembarangan. Aturannya juga sama dengan deskripsi bahwa tidak boleh menambahkan tagg yang tidak berhubungan dengan isi konten.

Hal selanjutnya adalah mempelajari tagg video orang lain yaitu dengan melihat tagg yang mereka gunakan dan menerapkan juga pada video kita asalkan video kita memiliki topik bahasan yg sama dengan mereka. Kenapa hal ini perlu? Karena ketika kita memiliki tagg yang sama atau mirip maka semakin besar kemungkinan video kita muncul di rekomendasi video. Dan ini merupakan keuntungan bagi kita untuk mendapatkan view.

4. Membuat Konten yang sedang hangat dibicarakan

Kontan viral cepat sekali untuk menjadi trending. Coba saja Anda perhatikan ketika ada sebuah kejadian yang unik atau aneh, maka youtuber akan berpacu membuat konten dengan tema itu. Hal itu bertujuan agar lebih banyak mendapatkan view karena pencarian video untuk kata kunci tersebut akan banyak dicari.

Pernah Anda melihat video PPAP? Dulu video ini sempat viral dan banyak juga youtuber yang membuat video seperti ini. Nah hal inilahbyang saya maksudkan dengan membuat kontan yang hangat dibicarakan.

5. Membuat Konten Berkualitas

Hal ini adalah mutlak. Tidak ada yang dapat menandingi sebuah konten yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi penilaian tertinggi dalam algoritma youtube. Untuk menentukan kontan berkualitas atau tidaknya biasanya youtube akan berpatokan pada lamanya durasi tonton sebuah video atau banyaknya like yang di dapatkan. Semakin lama sebuah video ditonton maka hal ini memberi sinyal kepada sistem youtube bahwa video ini berkualitas dan akan disarankan atau direkomendasikan oleh youtube. Begitu juga dengan like yang didapatkan.

Oke demikianlah postingan kita kali ini tentang cara agar video youtube berada di urutan teratas. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 21:28

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2019. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam