Home » » Cara Mengaktifkan Fitur Pedoman Komunitas Youtube

Cara Mengaktifkan Fitur Pedoman Komunitas Youtube

Written By Altri Ramadoni on 30 May 2019 | 22:06



Pada postingan kali ini penulis akan membahas mengenai cara mengaktifkan fitur pedoman komunitas channel youtube. Fitur menu atau tab komunitas ini berguna untuk sarana komunikasi yang lebih intens antara konten kreator dengan para subscribernya. Jadi fitur ini sangat besar manfaatnya bagi para youtuber. Namun ternyata tidak semua channel youtube bisa memiliki fitur ini. Kenapa hal ini bisa terjadi? Nah, kita akan coba jelaskan mengenai hal ini dengan lebih rinci.

Baca Juga : Cara Agar Video Youtube Berada di Urutan Atas Pada Hasil Pencarian


Menu komunitas youtube dan syarat subscriber

Oke, pertama fitur menu atau tab komunitas ini bisa diaktifkan lewat setelan kostumisasi channel. Jika channel Anda layak, maka akan ada pilihan untuk mengkaktifkan fitur ini. Namun jika tidak maka biasanya hanya akan tersedia sebuah tab diskusi dan tab diskusi ini berbeda dengan tab komunitas. Oke jadi bagaimana cara agar fitur ini bisa tersedia di channel Anda? Baca tips dibawah ini.

1. Memiliki Subscriber Lebih dari 1000

Dulunya, syarat memiliki tab komunitas adalah channel Anda minimal harus memiliki 10.000 subscriber. Namun belakangan ini syarat tersebut tidak lagi menjadi penentu sebuah channel memiliki fitur ini karena penulis sendiri memiliki sebuah channel yang subscribernya masih 2000 dan sudah dapat mengkatifkan fitur ini. Namun kenapa penulis memberikan syarat minimal 1000 subscriber? Karena secara umum dan berdasarkan pengalaman juga penulis selalu menemukan channel yang sudah memiliki tab komunitas ini selalu memiliki subscriber di atas 1000. Nah, oleh sebab itulah penulis menetapkan kriteria minimal seperti itu.

2. Aktif membalas komentar atau respon subscriber

Fungsi utama dari tab komunitas ini adalah untuk mengoptimalkan komunikasi antara pemilik channel dengan para subscribernya. Nah, jika Anda sebagai pemilik channel tidak aktif memberikan respons kepada subscriber Anda maka fitur ini tidak akan di aktifkan oleh youtube karena sistem menganggap Anda tidak butuh fitur ini. Jadi pastikan Anda aktif membalas komentar di video video Anda.

3. Memiliki Reputasi Baik

Sebuah channel dengan reputasi buruk jangan harap akan memiliki fitur ini karena berdasarkan pengalaman bahwa meski sudah memiliki banyak subscriber namun ketika status channelnya tidak dalam kondisi good atay bagus misalnya seperti kena strike maka fitur ini tidak akan ada.

Nah, setelah ketiga tips di atas sudah terpenuhi maka kita tinggal mengkatifkan fitur ini saja. Caranya silakan masuk dulu ke dashboard youtube Anda lalu di bagian kiri atas nanti akan ada pilihan "channel saya" atau "my channel" nah silakan klik. (Ini untuk youtube studio klasik). Nanti aktifkan setelan kostumisasi channel dan aktifkan semua menu tab nya. Setelah situ simpan dan channel Anda sudah bisa menggunakan fitur tab.

Oke demikian dulu postingan kita kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih.


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 22:06

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2019. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam