Home » » Apa Itu Masalah Duplikasi Video Youtube Saat Mendaftar Monetisasi?

Apa Itu Masalah Duplikasi Video Youtube Saat Mendaftar Monetisasi?

Written By Altri Ramadoni on 8 September 2018 | 20:45



Sebagaimana yang kita ketahui banyak sekali channel youtube yang mengalami penolakan saat mendaftar monetisasi lantaran pelanggaran duplikasi. Jadi apa sih sebernarnya duplikasi ini dan mengapa channel saya dikatakan melanggar padahal tidak ada pemberitahuan ataupun video yang bermasalah seperti hak cipta pada konten yang saya upload. Nah, kita akan coba jelaskan masalah ini.
Pada dasarnya masalah duplikasi ini disebabkan oleh adanya konten yang bukan milik Anda atau anda tidak punya hak untuk mempublikasikannya disitus youtube. Hal ini bisa termasuk hal hal seperti musik, isi video ataupun gambar yang terdapat pada video Anda. Bisa saja video Anda memang asli buatan Anda sendiri namun ternyata ada terekam suara musik atau lagu baik sengaja atau tidak pada video Anda tersebut maka video Anda bisa terkena masalah di situs youtube. Atau juga Anda memasukkan gambar dengan status berhak cipta maka hal ini akan memiliki efek yang sama. Untuk penjelasan lengkap dan resminya mengenai duplikasi ini dapat Anda baca pada kotak di bawah.

Duplikasi
Dalam sebagian besar kasus, Anda tidak dapat mengupload konten yang digunakan orang lain jika Anda mendapatkan izinnya terlebih dahulu. Ingat: Memberi kredit video kepada pemilik konten atau menyatakan bahwa "tidak ada arti dari hak cipta" cukup. Pelajari lebih lanjut tentang hak cipta dan penggunaan yang singkat.

Berikut beberapa jenis konten yang Mendapat hak cipta:
  • Karya audiovisual seperti acara TV dan film
  • Rekaman suara dan komposisi musik 
  • Karya visual dan tulis, termasuk lukisan, poster, artikel, dan buku 
  • Karya drama, misalnya teater dan musikal
  • Video game dan perangkat lunak komputer
Beberapa poin di atas adalah penjelasan mengenai apa itu duplikasi pada channel youtube. Jadi jika channel Anda mengandung salah satu unsur pada poin di atas maka segera perbaiki jika Anda ingin bergabung ke dalam program monetisasi youtube.

Pernah ada yang bertanya kepada penulis mengapa pada channel tertentu yang jelas jelas memakai musik orang lain namun aman aman saja. Well, itu semua karena bisa jadi dia lolos dari jaring sistem youtube atau memang belum terkena saja. Hal ini bisa juga terjadi karena channelnya mungkin sudah lumayan besar dengan subscriber yang banyak jadi youtube tidak terlalu mengawasi channel ini karena mungkin dianggap aman.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu duplikasi dan jika pembaca semuanya ingin mengetahui cara mengatasi masalah duplikasi ini dan apalagi ingin mengajukan pendaftaran monetisasi youtube maka dapat membaca postingan saya sebelumnya tentang Monetisasi ditolak? Begini cara mengatasinya. Terimakasih





Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 20:45

0 komentar:

Post a comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2019. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam