Home » » Cara membuat blog yang baik

Cara membuat blog yang baik

Written By Altri Ramadoni on 9 February 2016 | 21:43



Assalamu'alaikum sobat blogger, kita akan sedikit membahas bagaimana cara membuat sebuah blog yang baik. Mungkin tips atau ilmu ini sudah jadi piece of cake bagi para blogger yang sudah mahir namun ini saya tujukan bagi para pemula. Semoga dapat membantu mereka dalam membangun sebuah blog. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membuat blog, kita akan membahas terlebih dahulu platform blog. Ada banyak platform blog gratis yang tersedia di internet namun yang populer adalah blogger.com dan wordpress. Ada kelebihan masing masingnya, namun kita tidak akan membahas keduanya kita fokus saja pada platform blogger.

Blogger adalah sebuah platform milik google yang memberikan kesempatan kepada kita untuk membuat blog secara gratis, namun dengan subdomain blogspot.com. Maksudnya domain kita akan diakhiri dengan kata blogspot.com seperti "namadomain.blogspot.com". Beda halnya dengan Domain berbayar, maka embel embel blogspot itu tidak ada, seperti blog penulis ini. Namun untuk mendpatkannya haruslah membayar kepada layanan penyedia hosting/domain.



Baik, kita masuk pada pokok bahasan. Bagaimana cara membuat blog yang baik? Pertama sebelum membuat blog kita harus pikirkan dulu apa tema blog yang akan kita buat. Misalkan kita akan membuat sebuah blog bertemakan pendidikan fisika. Maka pada saat membuat alamat blog, usahakan tema blog kita sudah tergambar di dalam URL blog. Misalkan alamat blog kita "pendidikanfisika.blogspot.com" nah, otomatis URL blog kita sudah menjadi kata kunci untuk tema blog kita, dan hal ini sangat membantu sekali dalam SEO google. SEO google ini maksudnya adalah membantu kita untuk mengotimalkan blog kita untuk bisa tampil diurutan atas dalam hasil pencarian google. 

Sebenarnya boleh kita membuat URL lain seperti nama kita sendiri, namun hal itu akan sedikit rugi dalam kata kunci/keyword yang seharusnya dapat kita optimalkan. Namun hal ini juga tidak akan berdampak besar jika blog kita sudah terkenal. Seperti banyak blog yang sudah terkenal maka URL tidak terlalu diperhitungkan. Namun bagi blog pemula sangat baik mempertimbangkan hal ini.

Itu dari segi URL, nah, setelah itu dari segi template/theme blog. Secara defaulf, blogger telah menyediakan kita tema tema standar. Namun template standar ini tampilannya sangat bisa sekali. bahkan tidak responsive. Untuk mengetahui apa itu Template responsive silakan baca Apa itu template responsive . Setelah memakai template responsive maka blog anda sudah siap untuk digunakan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik. tunggu postingan selanjutnya.
Semoga bermanfaat


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 21:43

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2019. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam