Home » » Peran, Prosedur dan Implementasi Bahan Ajar Sesuai Kurikulum 2013

Peran, Prosedur dan Implementasi Bahan Ajar Sesuai Kurikulum 2013

Written By Altri Ramadoni on 4 October 2015 | 14:05



Dibawah ini adalah cuplikan makalah mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Fisika. Untuk mendowload file makalah lengkapnya dapat dilakukan tombol download dibawah. jika file bermasalah silakan hubungi Admin. semoga bermanfaat


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

Pendidikan nasional, sebagai salah satu sektor pembangunan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Makna manusia yang berkualitas, menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendidikan nasional harus berfungsi secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter.

Pemerintah telah melakukan usaha-usaha dalam mewujudkan pendidikan sesuai dengan visi pendidikan nasional.  Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah terbaru saat ini yaitu mengenai pengembangan kurikulum 2013 dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  Kurikulum 2013 mengatur dalam Permendikbud No.65 tentang standar proses yang menjelaskan bahwa dalam proses pembelajaran perlu adanya keterpaduan lintas pelajaran.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan kompetensi abad 21. Kurikulum 2013 mempunyai  tujuan  untuk  mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pelajaran.

Bahan ajar dalam kurikulum 2013 mempunyai peran yang sangat penting. Bahan  ajar  adalah buku  teks  yang  digunakan  sebagai rujukan standar pada mata pelajaran tertentu,  buku yang dikemas menjadi  suatu  paket  yang  terdiri  atas  buku  pelajaran  yang diajarkan di kelas, buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan    Standar Nasional Pendidikan.

Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis akan menjabarkan secara rinci tentang peran, prosedur dan implementasi bahan ajar sesuai kurikulum untuk SMP dan SMA.

B. Pembatasan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
  1. Peran bahan ajar dalam kurikulum 2013
  2. Prosedur bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013
  3. Implementasi bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 untuk SMP dan SMA
C. Tujuan

Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah :
  1. Menjelaskan tentang peran bahan ajar dalam kurikulum 2013
  2. Menjabarkan tentang prosedur bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013
  3. Menjabarkan implementasi bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 untuk SMP dan SMA.
D. Manfaat
Adapun manfaat dalam pembuatan makalah ini adalah :
  1. Dapat dijadikan pengalaman dan bekal ilmu pengetahuan bagi pembaca khususnya untuk tenaga pendidik kedepannya
  2. Membantu mahasiswa memahami tentang bagaimana bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013
  3. Memenuhi persyaratan untuk mengikuti mata kuliah pengembangan bahan ajar program studi pendidikan Fisika fakultas pascasarjana Universitas Negeri Padang


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 14:05

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2017. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam