Home » » Blogging For Learning

Blogging For Learning

Written By Altri Ramadoni on 18 February 2015 | 22:17



Semakin majunya teknologi maka semakin tinggi pula kebutuhan manusia akan informasi. salah satu media sumber informasi adalah melalui Blog. sebagian besar informasi baik tentang pendidikan, politik, maupun kesehatan tersedia di blog, dan dapat dengan mudah diakses oleh seluruh pengguna internet. 

Blog merupakan singkatan dari web blog yang merupakan aplikasi web yang menyerupai tulisan tulisan yang dmuat ( posting ) pada sebuah halaman web umum. Tulisan tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik ( postingan yang terbaru kemudian yang terlama ), situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesua dengan topik dan tujuan dar isi blog tersebut. (sumber : wkipedia)
Salah satu penyedia layanan blog adalah blogger.com yang pada tahun 2002 telah diakuisisi oleh Google. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Sebagai insan pendidikan terutama guru maka  blog bisa dijadikan salah satu media pembelajaran.guru bisa berbagi ilmunya melalui blog dengan memposting tulisan / artikel yang berhubungan dengan disiplin ilmunya, sehingga bisa dibaca serta bemanfaat tidak hanya bagi murid nya saja melainkan juga bagi orang lain. Hal ini juga bisa menjadi sarana penyaluran  hobi bagi guru yang hobi menulis.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa zaman sekarang ini sering dengan majunya tekhologi membuat generasi muda tidak lepas dari Internet. sebagian besar dari mereka sangat sering menggunakan internet baik untuk keperluan informasi atau hanya sekedar utnuk bermain game online. Namun kebanyakan dari mereka menggunakan internet untuk bermain saja, tanpa ada menghasilkan manfaat. 
Untuk itu blog dapat dijadikan sarana penyaluran hobi internet mereka dengan arahan dari guru yaitu dengan memberikan referensi link dari blog yang bermanfaat bagi siswanya. sehingga siswanya tidak hanya bermain namun juga belajar mencari informasi untuk menambah pengetahuan mereka. apalagi ketika guru nya sendiri telah memiliki blog maka sangat tepat sekali ketika menyuruh siswanya mencari informasi di blog yang ditulisnya, hal ini bagaikan memberikan pelajaran tambahan namun tak terikat waktu dan tempat seperti didalam kelas.


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 22:17

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2019. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam