Home » » Cara mengatasi Virus "Gadis Mabuk" yang menyebar di facebook

Cara mengatasi Virus "Gadis Mabuk" yang menyebar di facebook

Written By Altri Ramadoni on 9 January 2015 | 00:01





Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips karena belakangan ini banyak sekali yg terkena virus/ malware di jejaring sosial facebook dan mungkin juga akun saya juga terkena... :)
Sudah dua minggu lebih posting-an 'Gadis Mabuk' meneror pengguna jejaring sosial Facebook. Dan hingga saat ini, modus malware atau tautan otomatis masih menyerang akun-akun di FB.
Administrator Facebook yang selama ini cekatan dan tanggap mencegah aksi autopost pun dibuat tidak berdaya, karena malware ini tidak memanfaatkan aplikasi di Facebook untuk menyebarkan dirinya, melainkan memanfaatkan aplikasi bawaan peramban yang lebih dikenal dengan nama extension.
Berdasarkan pengamatan Vaksin.com, mulai tanggal 13 Desember 2014 lalu, penjahat siber ini mengeluarkan varian baru dan mulai mengeksploitasi Firefox.
Jika korban mengklik tautan jebakan 'Gadis Mabuk' yang beredar di wall Facebook, maka ia akan diarahkan ke situs phising yang mirip dengan YouTube. Alamatnya berada di beritavideo.info/gadis.
Tujuan dari situs tersebut agar korban mengira sedang berkunjung ke situs YouTube. Kemudian, korban akan dikelabui seakan harus menginstal extension untuk melihat video.
Jika korbannya mengklik plugin, maka ia akan mendapatkan peringatan dari Firefox bahwa beritavideo.info ingin melakukan instalasi software pada komputernya.
Jika pengguna mengabaikan peringatan tersebut, secara otomatis peramban akan menginstal sebuah extension bernama 'Full Screen 4.0'.
Kemudian malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware 'Gadis Mabuk' di wall Facebook.



Khusus bagi pengguna peramban Firefox, jika terlanjur jadi korban, Vaksincom menyarankan untuk melangkah langkah-langkah berikut;
1. Buka peramban Firefox
2. Ketik about:addons di bagian kotak Go to a website. Setelah diketik, akan terbuka halaman extension.
3. Cari extension Full Screen 4.0 dan klik tombol remove.
4. Akan ada konfirmasi Full Screen has been removed. Kemudian, restart peramban Firefox.
5. Untuk menghindari pencurian informasi dari akun Facebook, segera ubah password Facebook.
Jika ingin menjaga wall Facebook Anda dari auto tag tidak bertanggung jawab, baik dari autotag 'Gadis Mabuk' atau autotag iklan jualan atau toko online abal-abal, aktifkan fitur timeline and tagging settings dari Facebook


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 00:01

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2017. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam