Home » » Ilmuan Buktikan Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan

Ilmuan Buktikan Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan

Written By Altri Ramadoni on 16 January 2015 | 10:13



Al Qur’an merupakan sebuah kitab suci bagi umat islam. Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Oleh malikat Jibril atas perintah Allah SWT. Al-Qur’an banyak dibaca oleh sebagian besar kaum muslim diseluruh dunia.

Al-Qur’an merupakan kitab terakhir bagi umat Nabi Muhammad SAW atau sering kita kenal sebagai umat Islam. Ternyata setelah dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai Al-Qur’an oleh beberapa ahli kitab suci ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kondisi psikologis ataupun kesehatan manusia. Bahkan bagi manusia yang bukan berasal dari agama Islam.

Selain itu Allah juga berfirman di dalam Al-Qur’an :
"Dan kami menurunkan Alquran sebagai Rahmat dan Penawar bagi orang mukmin" (QS : Al Isra : 82)
Hal ini terbukti setelah Dr. Al Qadhi melakukan sebuah penelitian di klinik besar Florida Amerika serikat tantang manfaat menbaca Al-Qur’an bagi seseorang. Dia menyimpulkan bahwa seseorang yang membaca ataupun mendengar bacaan ayat suci Al-Qur’an maka orang tersebut memiliki perubahan pada kondisi psikologisnya.

Penurunan depresi, ketenangan jiwa, kesedihan menurun itulah yang dirasakan oleh seseorang yang dijadikan objek penelitian Dr Al Qadhi itu dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an beberapa jam kepadanya. Penelitian ilmiah tersebut didukung dengan alat penelitian yang super canggih seperti detak jantung, alat pengukur tekanan darah, ketahanan kulit terhadap aliran listrik dan ketahanan otot.
Ternyata dari data yang dia dapatkan setelah memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dia menyimpulkan bahwa Al-Qur’an memengaruhi sebesar 97 % ketenangan jiwa seseorang dan juga menyembuhkan penyakit.

Selain itu penelitian Dr. Al Qadhi juga didukung oleh penelitian dokter yang berbeda. Dari penelitian tersebut dia juga menyimpulkan bahwa lantunan ayat suci Al-Qur’an berpengaruh sekitar 97 % bagi ketenangan jiwa seseorang dan pernyataan tersebut disampaikan pada Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984.

Penelitian tersebut diperkuat lagi dengan penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Salim di Universitas Boston. Dia melakukan penelitian dengan menggunakan 5 orang yang terdiri dari 3 orang pria dan 2 orang wanita. sebelumnya 5 orang tersebut belum mengerti tentang bahasa arab, dan belum mengerti apa yang akan diperdengarkan nantinya adalah Al-Qur’an.

Penelitian Muhammad Salim ini dilakukan sebanyak 210 kali dengan melalui 2 sesi yakni sesei yang pertama adalah mendengarkan ayat suci Al-Qur’an dengan menggunakan tartil. Dan sesi yang kedua adalah memperdengarkan bahasa arab saja tanpa menggunakan Al-Qur’an.
Dari penelitian tersebut Muhammad Salim dapat menyimpulkan bahwa sekitar 65 % respond terhadap pembacaan ayat suci Al-Qur’an dengan menggunakan tartil merasa tenang. Sedangkan untuk pembacaan bahasa arab saja sekitar 35 % merasakan ketenangan.

Nah dari beberapa penelitian ilmiah tersebut dapat dibuktikan bahwa Al-Qur’an mempunyai manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia terutama ketenangan Jiwa seseorang. Maka dari itu kita sebagai umat islam tentunya harus selalu mengkaji Al-Qur’an agar hidup kita semakin tenang dan sehat. Demikian ulasan menarik saya kali ini. semoga dapat menambah keimanan kita.



Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 10:13

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2017. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam