Home » » Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google Untuk Blog

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google Untuk Blog

Written By Altri Ramadoni on 29 March 2017 | 00:33



Memiliki trafik yang tinggi adalah tujuan utama bagi sebuah blog,  Untuk itu para blogger berlomba lomba untuk membuat konten yang berkualitas, website yang responsive serta sistem navigasi blog yang bagus. Semua itu dengan harapan agar blog bisa tampil di tempat teratas pada google pencarian. Tidak hanya itu, semakin banya link blog kita yang tampil dihasil penelusuran google maka semakin besar pula kemungkinan trafik akan datang kepada blog kita. 

Pada umumnya google hanya akan menampilkan satu link dari URL blog kita pada hasil pencarian, namun terkadang terdapat sebuah blog yang memiliki banyak URL namun ditampilkan dalam satu laman hasil pencarian google. Bahkan link ini bisa maksimal muncul sepuluh buah, hal inilah yang dinamakan sitelink.

Blog yang memiliki sitelink akan lebih memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya karena pengunjung bisa lngsung dihadapkan kepada link yang mungkin ingin mereka kunjungi, seperti halnya sebuah website sosial media yang memiliki URL atau sebuah laman untuk login. Maka biasanya google akan menampilkan sebuah sitelink khusus untuk login bagi pengunjung sehingga tak perlu lagi membuka halaman utama. Untuk lebih jelasnya mengenai sitelink maka silakan lihat gambar di bawah ini :

contoh 10 buah sitelink

Pada gambar di atas terlihat bahwa blog ini mendapatkan 10 buah sitelink dari google. Sebenarnya tidak ada cara yang pasti serta khusus untuk mendapatkan sitelink ini karena ini merupakan hadiah dari google bagi website yang dianggap berkualitas. Namun menurut pendapat para master serta hasil bacaan dari beberapa blog terkenal, mereka mengatakan bahwa jumlah traffic serta kemudahan navigasi sangat menentukan untuk mendapatkan sitelink. Situs yang tidak mempunyai sistem navigasi yang baik tidak akan atau sangat sulit untuk mendapatkan sitelink dari google. Untuk lebih jelasnya penulis akan mencoba untuk menjelaskan satu persatu cara untuk mendapatkan sitelink.

1. Gunakan domain TLD ( Top Level Domain )

Kebanyakan blogger sepakat dengan yang satu ini bahwa untuk mendapatkan sitelink dari google maka domain blog haruslah merupakan domain kelas atas atau TLD. Jika kita hanya menggunakan subdomain seperti blogspot maka kemungkinan untuk mendapatkan sitelink akan sangat kecil. Bahkan jika kita memiliki traffic yang bagus sekalipun, sehari saja kita tidak update maka peringkat blog bisa terjun bebas.

2. Traffic blog yang tinggi

Untuk mendapatkan sitelink maka traffic untuk URL tertentu haruslah tinggi, misalkan pengunjung sering mengunjungi salah satu postingan kita maka postingan ini akan muncul pada sitelink. Hal inilah yang membuat blog blog terkenal memiliki banyak sitelink. Namun demikian hal ini tidak selalu mutlak benar, karena pada sebagian kasus terdapat blog yang trafiknya rendah namun juga memiliki beberapa sitelink bahkan dalam jumlah maksimal. Jadi tidak ada yang dapat memastikan bahwa dengan trafik tinggi pastilah blog kita akan mendapatkan sitelink.

3. Penggunaan Template Responsive

Untuk point ini penulis sendiri telah mempraktekkannya, bahwa benar blog responsvive akan lebih mudah memiliki sitelink. Kenapa demikian? karena blog yang memiliki desain template yang responsive akan memiliki sistem navigasi yang bagus pula sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses seluruh komponen blog tersebut. 


Bagi blog yang tidak responsive maka akan menyulitkan pengunjung untuk mengakses blognya terlebih jika pengunjung menggunakan mobile phone, maka pengunjung harus mencubit layar untuk zoom in atau out di dalam membaca postingan.

4. Minta kepada Google di Google Webmaster

Cara ini diyakini sangat ampuh untuk mendapatkan sitelink. Karena sitelink merupakan hadiah dari google maka untuk mendapatkannya adalah dengan cara meminta google untuk membuatkan sitelink bagi blog kita. Hal ini bisa dilakukan dengan mensubmit beberapa URL yang kita anggap memiliki trafik tinggi dan berkualitas untuk dibuatkan sitelink oleh google. Cara ini dulunya sangat ampuh, namun kabarnya sekarang fitur ini telah hilang di google webmaster.

5. Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading blog mempengaruhi peringkat blog di hasil pencarian google. Hal ini telah disebutkan secara resmi oleh pihak google sendiri. jadi semakin cepat blog Anda semakin tinggi peringkat yang akan diberikan oleh google namun tentunya dengan konten yang berkualitas. Karena google selalu memberikan hasil yang terbaik untuk setiap penggunanya. Pengaruhnya terhadap sitelink adalah dengan memiliki peringkat yang baik, maka otomatis traffik juga akan meningkat Maka kemungkinan untuk mendapatkan sitelink juga akan semakin besar. Jadi semuanya ini terintgrasi antara satu dengan yang lainnya.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara mendapatkan sitelink dari google. Jika Anda beruntung maka blog Anda bisa mendapatkan 10 sitelink dari google, namun ingat sitelink ini bisa hilang kapan saja jika blog Anda sudah dianggap tidak berkualitas lagi oleh mesin pencarian google.


Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 00:33

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2017. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam