Home » » Cara Menguji Keaslian Madu Lebah

Cara Menguji Keaslian Madu Lebah

Written By Altri Ramadoni on 31 August 2016 | 13:57



Madu lebah adalah suatu cairan yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lainnya yang berasal dari nektar bunga (Sumber : wikipedia). Madu sudah dikenal memiliki khasiat untuk pengobatan sejak lama. Bahkan di dalam Alquran dan Hadist dijelaskan bahwa Madu adalah obat yang sangat mujarab bagi segala macam penyakit.

Madu memang memiliki nilai harga yang relatif mahal dipasaran karena khasiat yang dimilikinya. Namun hal itu membuat oknum oknum tertentu melakukan kecurangan dengan membuat madu palsu. Hal ini bisa dilakukan dengan mencampur madu asli dengan cairan lain agar jumlah madu menjadi lebih banyak dan dijual di pasaran sama dengan harga madu asli lainnya.

Bagi kita konsumen tentu hal ini sangat merugikan, padahal kita telah membayar mahal untuk mendapatkan madu asli namun ternyata palsu. Lebih parahnya tidak sedikit pula madu palsu campuran itu memberikan dampak negatif bagi kesehatan lantaran penggunaan zat zat berbahaya di dalam campuran madu tersebut.

Balik lagi kejudul artikel, nah bagaimana caranya menentukan keaslian madu lebah? Berikut adalah beberapa tips yang penulis dapatkan dari beberapa sumber baik dari internet maupun dari ahli didunia permaduan (hehe :v ).

1. Tidak membeku
Madu asli ketika di masukkan kedalam freezer maka madu tersebut tidak akan membeku. Tidak seperti air yang membeku ketika masuk ke dalam freezer. Jika madu tersebut telah bercampur cairan lain maka cairan tersebut biasanya akan membeku dan terpisah dari madu yang tidak membeku

2. Tidak membasahi kertas
Percobaan ini sangat sering penulis lakukan karena madu itu berbeda dengan cairan pada umumnya. Perhatikan air jika kita teteskan di atas kerta maka kerta tersebut akan menjadi lembab di bagian sisi lainnya sedangkan jika madu tidak membuat kertas menjadi lembab.

3. Madu bisa terbakar api
Test ini mungkin terdengar sedikit unik bagi yang belum tahu. Ambil sebatang korek api lalu celupkan ke dalam madu, tunggu sekian detik setelah itu coba cetuskan korek api tersebut. Jika madu itu asli maka korek api tetap akan bisa menyala.

4. Uji laboratorium
Uji yang terakhir ini adalah uji yabg paling akurat karena di uji dilaboratorium sehingga kita bisa mengetahui cairan apa saja yang terkandung di dalam madu.

Demikianlah sedikit tips dari penulis tentang bagaimana menguji keaslian madu lebah. Semoga bermanfaat 



Share this article :
Ditulis oleh: Altri Ramadoni Fisika Islam Updated at : 13:57

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2017. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam