Home » » Halalkah Penghasilan Google Adsense Dari Sudut Pandang Islam ?

Halalkah Penghasilan Google Adsense Dari Sudut Pandang Islam ?

Assalamu'alaikum pembaca semuanya, kali ini pembahasan kita agak sedikit mendalam, sehubungan dengan penghasilan Google AdSense yang didapatkan dari hasil beriklan di blog. Pernahkah terpikirkan oleh kita semua sebagai publisher AdSense khusus nya bagi kita yang muslim, Halalkah penghasilan google AdSense?. Hal ini membuat saya tertarik membahasnya, namun sekali lagi saya tekankan bahwa ini adalah pendapat pribadi saya terlepas dari saya seorang publisher AdSense atau tidak. Jika dikemudian hari pembaca menemukan pendapat yang lebih benar maka pembaca dapat mengabaikan pendapat saya ini.

Baik, pertama mari kita bahas terlebih dahulu Apa itu Google AdSense. Google AdSense adalah suatu program periklanan yang dimiliki oleh Google yang mana memberikan kesempatan kepada kita para penulis blog untuk bekerja sama, yang mana dari kerja sama itu akan di bagi keuntungan dengan perbandingan yang telah ditentukan di awalnya. Kerja sama itu berupa pemasangan iklan milik Google ke dalam blog kita yang nantinya iklan itu akan ditampilkan pada halaman, postingan atau juga pada widget blog kita. Dari pemasangan ini pihak google akan memberikan kita komisi atau pembayaran ketika pengunjung blog kita tertarik dan mengeklik iklan yang tersedia di dalam blog kita tersebut. Nah dari situ lah nantinya penghasilan Google AdSense aka kita dapatkan.

Merujuk pada pertanyaan kita di awal, Halalkah pendapatan atau penghasilan dari Google AdSense ?. Jawabannya adalah HALAL. Karena kita menyediakan jasa kepada pengiklan dalam hal ini adalah pihak google untuk menumpang promosi di blog kita. Dan tentu kita berhak meminta atau mendapatkan bayaran atas jasa yang telah kita berikan bukan ?. Hal ini sama halnya dengan beriklan ditelevisi. Pernahkah anda meliha iklan ditelevisi?. Apakah Anda pikir iklan itu tidak dibayar kepada yang punya stasiun TV?. Sama halnya dengan kita, ibaratnya blog kita ini adalah stasiun TV nya dan Google adalah pengiklan serta pengunjung blog kita adalah penonton atau pemirsanya. Simple sekali bukan, jadi tidak ada unsur penipuan atau perjudian dsb disini. Hal ini murni pemberian jasa dan pelayanan kepada pengiklan dari pemilik blog hal ini dapat digolongkan kepada jual beli pada umumnya. Seperti kita naik angkot, supir memberi jasanya kita membayar sebagai penumpangnya.

Mengenai masalah jual beli Allah swt. berfirman didalam Alquran dalam surat Al baqarah ayat 275 

"Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengahramkan riba"

Jadi jelaslah sudah bahwa penghasilan google ini dapat dikategorikan kedalam jual beli. dan tidak ada unsur riba sama sekali didalamnya, karena riba itu adalah bertambahnya hutang seiring waktu, dan itu sangat berbeda dengan apa yang ada di Google AdSense.

Halalkah penghasilan google adsense

Mungkin ada sebuah pertanyaan yang muncul dibenak kita dan pertanyaa ini juga sempat terpikir oleh saya pribadi, bagaimana dengan iklan yang muncul di blog jika menampilkan iklan yang tidak layak? seperti iklan perjudian, iklan minuman keras dsb?. Hal ini telah saya pikirkan sebelumnnya bahwa tidak menutup kemungkinan iklan itu bisa muncul di blog kita. Namun pihak google telah menyediakan solusi, yang mana kita dapat menfilter iklan yang di tampilkan di blog kita, iklan iklan tertentu bisa kita cekal dengan perngetian tidak di tampiklan dalam blog kita. Nah masalah selesai, jadi tidak ada alasan lagi utnuk mengatakan pendapatan Google AdSense tidak HALAL.

Selanjutnya, mengenai iklan yang muncul didalam blog itu sebenarnya mengacu kepada judul postingan artikel kita atau juga kepada tema blog kita itu sendiri. Misalkan blog kita membahas tentang pendidikan fisika, maka keungkinan iklan yang muncul adalah berkaitan dengan masalah masalah fisika seperti alat alat labor, Universitas dengan pendidikan fisika dsb. Begitulah cara kerja iklan dari google AdSense.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa penghasilan dari Google AdSense adalah HALAL dan boleh di belanjakan karena itu hasil pencarian kita atau usaha kita dengan jalan yang diperbolehkan oleh agama, semoga bermanfaat.
 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2024. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam