Home » » Difraksi dan interferensi cahaya pada burung merak

Difraksi dan interferensi cahaya pada burung merak

Pada pembahasan interferensi dan difraksi kita akan membahas salah satu contoh dari interferensi dan difraksi yaitu warna-warni pada bulu merak. Bulu merak memiliki warna yang indah warna-warni pada bulu mereka bukan disebabkan oleh pigmen warna pada bulu, tetapi karena difraksi dan interferensi cahaya.

Biofisika pada burung merak

Permukaan dari bulu mikroskopik burung merak terdiri atas keratin yang menopang sel-sel batang melanin berwarna coklat tua dengan pola-pola biasa (kuku anda terbuat dari keratin, dan melanin adalah pigmen gelap yang ada pada pigmen manusia). Sel-sel batang yang mengandung melanin ini terpisah dengan orde mikrometer, sehingga permukaan bulu ini berfungsi sebagai kisi difraksi 

Seberkas cahaya monokromatis jika dilewatkan pada kisi difraksi akan membentuk pola gelap terang. Namun jika cahaya polikromatis/putih dari cahaya matahari melewati kisi difraksi, cahaya tersebut akan terurai menjadi berbagai macam warna. Warna-warni yang terobservasi pada bulu merak menunjukan antara warna akan mengalami sudut difraksi yang berbeda.
 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2024. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam