Home » » Pengertian serta sejarah singkat mengenai HTML

Pengertian serta sejarah singkat mengenai HTML

Pengertian HTML & Sejarah Singkat HTML

Hypertext   Markup   Language   (HTML)   adalah   bahasa   markup   yang   umum digunakan   untuk membuat   halaman   web.   Sebenarnya   HTML   bukanlah   sebuah bahasa  pemrograman.  Apabila  ditinjau  dari  namanya,  HTML  merupakan  bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.
Pengertian serta sejarah singkat mengenai HTML

HTML  dibuat  oleh  Tim  Berners-Lee  ketika  masih  bekerja  untuk  CERN  dan dipopulerkan  pertama kali  oleh  browser  Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap  pengembangan  HTML  pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu  versi  HTML,  maka  mau  tak  mau browser  pun  harus  memperbaiki  diri  agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut.

HTML versi 1.0

Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0
Pada versi  ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi  3.0  menambahkan  beberapa  fasilitas  baru seperti  table.  Versi  ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML versi 4.0
HTML versi 4 ini merupakan HTML versi terakhir pada saat sumber ini diambil.

Fungsi HTML
HTML telah mengubah dunia internet, kurang lebih berikut adalah fungsi utama :
  • Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari keseluruh dunia.
  • Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object – object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti java game dll) dalam document HTML
 
Support : Kontak | Privasi | Tentang
Copyright © 2024. Fisika Islam - All Rights Reserved
Temukan Kami di Facebook @ Fisika Islam